Rabu, 10 November 2010

Makna Patriotisme pada Peringatan Hari Pahlawan untuk Kemandirian Bangsa

Menurut KBBI Patriotisme adalah sikap seseorang yg bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya dan arti lain dari patriotisme adalah semangat cinta tanah air.Sekarang ini patriotisme seluruh warga negara Indonesia sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kemandirian bangsa di segala bidang. Selain Patriotisme ada hal yang hampir sama yang dibutuhkan sekarang ini yaitu Bela Negara. Konsep bela negara (menurut Wikipedia bahasa Indonesia) dapat diartikan secara fisik dan non-fisik, secara fisik dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara. Dari kedua kata yaitu Patriotisme dan bela negara muncul suatu kesamaan yaitu cinta tanah air. Perwujudan dari cinta tanah air ini mempunyai berbagai macam penapsiran tergantung dari persepsi orang yang memaknainya. Bela negara non-fisik dengan cara menanamkan kecintaan pada tanah air tidak cukup hanya sampai di  "rasa", tetapi hendaknya di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam setiap pengambilan keputusan selalu berdasarkan cinta tanah air.
Soto Banjar (Sumber http://www.ncc-indonesia.com)

Kita harus lebih cinta sawo daripada apel fuji, lebih cinta soto daripada spaghetti. Cinta produksi dalam negeri merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar tercipta kemandirian bangsa. Ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan militer ketahanan sosial budaya akan tercipta dengan dukungan seluruh warga negara Indonesia yang mencintai produksi dalam negeri.
KRI Todak-803 Produk PT PAL Lisensi dari Lurssen Jerman
Produk dalam negeri dapat diukur dari kandungan lokal material yang digunakan dan tenaga kerja lokal yang bekerja dan faktor produksi lainnya. Penggunaan produk dalam negeri secara luas oleh masyarakat dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri yang sejenis. Selain itu produk dalam negeri dapat digunakan sebagai alat barter atau imbal beli produk luar negeri sehingga kita tidak cuma membeli tapi juga menjual.

Gelatik IPTN Lisensi Polandia (Sumber : http://www.chappyhakim.com)
Untuk alih teknologi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti produksi Assembling (Perakitan Mobil, Motor dan karoseri mobil), produksi dengan lisensi (Lisensi  Casa-Spanyol, MBB-Jerman dan Bell Helicopter USA di PT DI, Produksi kapal Jetfoil-Boeing dan FPB-Lurssen di PT PAL dll) dan Subkontrak dari produk luar negeri (PT DI menerima pekerjaan Subkontrak imbal beli Pesawat F-16 yang dibeli Pemerintah).

Marilah kita memaknai patriotisme para pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan ini dengan mewujudkan patriotisme dan bela negara dengan mencintai, menghargai dan menggunakan produk dalam negeri termasuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dihasilkan dari negeri kita sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar